19 April 2010

storyline jaka&joko

Menceritakan tentang persahabatan dua orang bernama Jaka dan Joko. Persahabatan yang bermula saat OSPEK mahasiswa yang biasa dilakukan di tahun pertama kuliah. Setiap mahasiswa harus mengenakan papan nama yang berisi nama mereka masing-masing. Jaka yang berasal dari Bandung akhirnya berkenalan dengan Joko yang tinggal di Yogyakarta. Joko menyadari kalau sebenarnya nama mereka itu sama, memiliki arti yang satu, hanya saja karena latar belakang budaya mereka yang berbeda maka nama mereka bila diucapkan akan terdengar berbeda. Atas penemuan Jaka tersebut maka sejak saat itu Jaka dan Joko tidak dapat dipisahkan. Jaka pun tinggal di rumah Joko sebagai anak kos.
Permasalahan dalam komik ini bermula ketika suatu pagi Jaka mendapati rumah kosnya kebanjiran. Bayangkan saja kota Yogyakarta yang tadinya adem ayem menjadi melempem setelah terkena air banjir. Alhasil, fenomena ini tidak dilewatkan begitu saja oleh Jaka dan Joko. Mereka bergotong-royong membereskan sisa-sisa banjir, mencari tahu penyebab banjir, bahkan Joko tidak mau menyia-nyiakan kesempatan itu dengan berenang di air banjir!
Dengan penyampaian cerita yang santai akhirnya diketahui juga penyebab banjir, yaitu sampah yang sudah menumpuk di Kali Code. Sampah ini membuat aliran air sungai menjadi tehambat dan air hujan yang tertampung pun akhirnya meluap. Dari sini Jaka dan Joko berupaya agar selanjutnya banjir tidak ada dalam agenda tahunan mereka.

Tidak ada komentar: